Posted in Ngeblog

Mengurus Rumah Tangga

Mengurus rumah tangga itu sulit. ‎الْحَمْدُ لِلَّهِ gw dikasih kesempatan untuk “menjajal” menjadi full time ibu rumah tangga kurang lebih 1 tahun terakhir ini. Yaa disela-sela penyelesaian tesis yang memakan waktu, gw dihadapkan untuk mengurus rumah tangga, suami, banyu dan binar.

Manajemen waktu sangat penting bagi IRT. Setelah sholat shubuh, gw langsung turun ke dapur untuk membereskan cuci piring (kalau masih belum dicuci), setelah itu menghangatkan makanan, bikin air panas, kadang masak, disambi cuci baju. Ngga lupa menyiapkan sarapan dan bekal suami dan anak-anak. Pagi-pagi memang harus multi tasking. Banyak yang harus dibenahi sebelum mengantar suami dan anak-anak sekolah.

Setelah mengantar, masih melanjutkan beberes baju yang baru dijemur,baru disetrika atau menjemur baju yang tadi pagi dicuci. Kalau rumah agak kotor ya disapu, divacuum, dipel. Istirahat sebentar, jemput anak-anak lagi. Mereka pulang sekolah siapin makan siang, nemenin mereka tidur siang yang seringnya gw yang tidur duluan dibandingkan mereka. Bangun tidur siap-siap jemput suami. Sampai rumah lagi, siapin makan malamnya, cuci-cuci piring, beresin makanan. Karena masih ada tesis, sambil nemenin anak-anak tidur, gw ngerjain tesis sampe ngantuk, trus tidur. Begitu setiap hari selama hampir setahun ini.

Gw engga pakai ART, mungkin akan lebih mudah kalau pake yaa..tapi selama masih bisa dikerjakan sendiri ya kerjain aja. Kalau udah ngga sanggup, ya ngga mungkin juga angkat tangat, tetapi harus putar otak gimana caranya supaya bisa selesai. Salah satu caranya ya disubkon kepada yang lain, misalnya masak pakai catering, setrika baju pakai setrika kiloan, cemilan tinggal pesan atau beli. Jamannya sudah semakin mudah. Walaupun sudah mudah tetap saja lebih berat menjadi ibu rumah tangga. Selama hampir 10 tahun bekerja, gw dapat menyimpulkan kalau lebih mudah bekerja di kantor dibandingkan menjadi ibu rumah tangga.

Advertisements

Author:

Mother of two children.

Your Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s