Posted in ASI, Family

Minum ASI setelah umur Satu Tahun

Tanggal 6 Feb 2013, Binar sudah berumur 1 tahun. Alhamdulillah sudah lulus ASI S2 dan inginnya sih sampe S3 ya, alias 2 tahun. Terus bagaimana dengan frekuensi minum ASI-nya Binar? Bisa dibilang ya masih cukup banyak. Selama ditinggal gw ke kantor, Binar masih minum 300-400 ml ASIP tapi ada kalanya kurang dari itu. Naah setelah umur satu tahun, bagaimanakah perasian ini? Jujur aja, stok ASIP kejar-kejaran banget. Perah sekarang untuk lusa, jadi engga bisa stok banyak-banyak (salahkan frekuensi memerah yang acak kadul).

Klo waktu Banyu umur 13 bulan, dengan sangat terpaksa dia dikasih susu UHT karena gw lagi hamil anak kedua. Alhamdulillah weaning nya ngga pake susah. Nah untuk Binar, gw maunya tetep minum ASI aja sampe umur dua tahun. Kayak keponakan gw (anaknya kakak suami), sampe umur 2 dia ngga dikasih susu UHT. Yang utamanya tetep ASI.

Apasih keuntungan minum ASI?

  1. Setelah umur 1 tahun, meskipun ASI hanya bisa memenuhi 30% dari kebutuhan bayi, akan tetapi pemberian ASI tetap dianjurkan karena masih memberikan manfaat. Karena ASI memang diciptakan oleh Allah sedemikian rupa, tetap kaya akan nutrisi sesuai dengan kebutuhan bayi.
  2. ASI disesuaikan secara unik bagi bayi manusia, seperti halnya susu sapi adalah yang terbaik untuk sapi.
  3. Komposisi ASI ideal untuk bayi.
  4. Bayi ASI memiliki kekebalan lebih tinggi terhadap penyakit. Contohnya, ketika si ibu tertular penyakit (misalnya melalui makanan seperti gastroentretis atau polio), antibodi sang ibu terhadap penyakit tersebut diteruskan kepada bayi melalui ASI.
  5. IQ pada bayi ASI lebih tinggi 7-9 point daripada IQ bayi non-ASI. Menurut penelitian pada tahun 1997, kepandaian anak yang minum ASI pada usia 9 1/2 tahun mencapai 12,9 poin lebih tinggi daripada anak-anak yang minum susu formula.
  6. Bayi sehat berarti keluarga mengeluarkan biaya lebih sedikit (hemat) dalam perawatan kesehatan dan berkurangnya kekhawatiran bayi akan sakit.

Menurut Dewey KG (2001) dalam artikel “Nutrition, Growth, and Complementary Feeding of the Breastfed Infant”. Pediatric Clinics of North American. February 2001;48(1) menuliskan bahwa ASI pada tahun kedua bayi (12-23 bulan) mengandung :
• 43% dari kebutuhan protein
• 36% dari kebutuhan calcium
• 75% dari kebutuhan vitamin A
• 60% dari kebutuhan vitamin C

Hal ini belum termasuk zat antibodi yang tetap dan selalu ada dalam ASI yang manfaatnya melindungi bayi dari berbagai penyakit. Jadi tidak pernah ada istilah ASI JELEK. Kandungan gizi ASI itu sangat fleksibel sesuai kebutuhan sang anak. Komposisinya tidak pernah sama dan selalu berubah bahkan tiap menit. Ini berbeda sama sekali dengan kandungan susu formula yang tidak pernah berubah.

Sampai saat ini banyak anggapan bahwa jika anak disusui terus nantinya anak susah disapihnya. Atau banyak juga yg menganggap anak akan jadi tidak mandiri. Sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa apakah ada hubungan antara usia anak disapih dengan kemandirian anak. Kenyataan yang ada sering sekali orang mencampuradukkan kedekatan orang tua dengan anak dengan kekurangmandirian anak. Normalnya secara psikologis pada usia penyapihan tsb anak memang membutuhkan kedekatan yang kuat dengan orangtuanya. Sementara itu banyak sekali anak yang disapih di usia > 1 atau 2 th tetap menjadi anak yang mandiri.

image from pinterest

Advertisements

Author:

Mother of two children.

Your Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s