Posted in Binar, Family, Health

Roseola

Pertama kali denger tentang Roseola, adalah saat Banyu kena roseola tahun 2011. waktu itu cari-cari informasi tentang gejala panas tinggi dan ketemu dengan roseola. Roseola mirip dengan campak dan tampek tapi berbeda dengan cacar. Gejala roseola dimulai dengan demam tinggi hingga 39-40 derajat celcius. Trus dibarengi dengan radang tenggorokan, jadinya nafsu makan berkurang bahkan tidak mau makan sama sekali. Setelah demamnya berkurang, mulailah keluar bintik-bintik merah di badan, bintik-bintiknya tidak berair sama seperti biang keringat aja. Setelah keluar di badan kadang menjalar ke tangan, kaki dan wajah. Sebetulnya roseola itu menular. Tapi bisa hilang dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan atau bedak atau salep.

Minggu lalu waktu Binar sakit, gw tidak kepikiran tentang roseola ini. Gejalanya persis seperti di artikel itu. Dan baru sadar setelah keluar bintik-bintik di seluruh badan. Karena udah pengalaman ya didiemin aja, ngga perlu ke dokter lagi. Akhirnya hilang dengan sendirinya. Oia saat mau keluar bintik-bintiknya, kondisi Binar masih lemas. Lebih suka minum ASI dibandingkan makan. Pengennya digendong aja, kalo tidurpun maunya digendong dan cuma sebentar-sebentar.

Roseola di muka Binar

Nah ini penampakan Roseola di mukanya Binar, serem ya kelihatannya. Mirip-mirip campak. Merah-merahnya seperti biang keringat, engga nimbul-nimbul. Roseola kayaknya tidak bisa dihindari deh. Roseola bisa timbul karena virus, dan untuk pencegahannya selalu mencuci tangan setelah bersentuhan dengan penderita.

Alhamdulillah sekarang Binar sudah sembuh dan pulih seperti sedia kala. Semua merah-merah nya hilang semua tak bersisa.

Advertisements

Author:

Mother of two children.

Your Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s