Posted in Health, Ngeblog

Tips Sehat Sebelum Tidur

Nggak sempat olahraga pagi? Ini, nih, solusinya…

Niat hati, sih, pengen punya badan sehat dengan rutin berolahraga setiap hari. Sayangnya, kita nggak sempat melakukannya di pagi hari karena harus siap-siap kuliah atau ke kantor—belum lagi kalau telat bangun.

Eits, tapi jangan jadikan hal itu alasan buat absen olahraga, ya.. Soalnya, kita bisa, kok, mengganti jadwal `gerak badan’ menjadi malam hari—malah lebih menyehatkan, tuh!. Nah, biar hasil olahraga malam kita lebih maksimal, contek tip dari CC berikut.

Harus Pas
Kita kudu cari waktu yang pas banget buat berolahraga. Biasanya, temperatur tubuh dan hormon mengalami level puncak pada pukul 18.00. Nah, jika kita berolahraga satu jam setelah itu, daya tahan tubuh yang kita dapat lebih maksimal, tuh.

Isi Perut
Jangan sampai berolahraga dalam keadaan perut kosong. Jika yang kita makan mengandung protein, serat, dan lemak, tunggu hingga empat jam sebelum berolahraga. Tapi jika kita hanya makan makanan ringan, seperti buah-buahan atau biskuit, kita hanya perlu menunggu dua jam sebelum berolahraga.

Jaga jarak
Yap! Kita harus menjaga jarak antara waktu berolahraga dengan waktu tidur. Soalnya, setelah berolahraga, suhu tubuh kita akan naik dan badan menjadi lebih segar. Bagi yang belum terbiasa berolahraga malam, butuh waktu sekitar dua jam sampai rasa rileks yang bikin kita mengantuk datang. Makanya, atur waktu olahraga paling tidak 3 jam sebelum waktu tidur normal.

Indoor = Better
Olahraga malam lebih baik dilakukan di dalam ruangan, misalnya berlatih di pusat kebugaran a.k.a fitness center. Selain karena angin malam kurang baik untuk kesehatan, kadar karbon dioksida di malam hari jauh lebih besar. Kalau sedang malas keluar rumah, kita bisa, kok, berolahraga dari depan TV. Putar saja video senam dan tinggal mengikuti gerakannya.

Satu Jam Saja!
Nggak perlu butuh waktu lama untuk berolahraga, apalagi bagi yang belum terbiasa melakukannya di malam hari. Satu jam saja sudah bisa memberi efek bagus, kok, buat tubuh. Baru, deh, setelah terbiasa, durasi olahraga bisa kita tingkatkan.

Sumber CitaCintaGrup.

Advertisements

Author:

Mother of two children.

Your Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s