Posted in ASI, Binar

Teknik Memerah ASI

Beberapa minggu terakhir, kalau memerah ASI di kantor agak berkurang. Penyebabnya bisa jadi karena mau haid, atau juga karena frekuensi memerah yang jarang-jarang. Setelah mencari-cari bagaimana caranya memperbanyak produksi ASI, akhirnya gw menemukan artikel tentang memerah ASI. Awalnya sih meragukan, karena selama ini gw sudah pake medela swing, yang katanya alat pumping yang paling yahud, tapi tetep aja belum maksimal meningkatkan produksi ASInya. Dengan membaca secara seksama akhirnya gw mencoba juga untuk pakai teknik memerah ASI dengan menggunakan breastpump dan tangan sekaligus.

Jadi saat waktunya pumping, semua peralatan pumping langsung gw bawa ke tempat biasa. Langkah-langkahnya:

  1. Pada sesi pertama corong medela swing gw pasang di PD kiri, badan agak menunduk, tahan dengan paha supaya tidak lepas dan geser-geser. Nyalakan breastpump.
  2. Gw siapkan botol kaca dan tangan yang bersih untuk memerah PD kanan. Mulailah gw memerah PD dan menampung ASI dengan botol kaca.
  3. Sambil memerah PD kanan, PD kiri terus dirangsang dengan swing sampai terasa LDR, saat LDR itulah, saat yang paling banyak keluar ASInya.
  4. Saat LDR, PD kanan diperah dengan cepat, dan tambah tingkatan perahan breastpump di PD kiri.
  5. Gw tetap memerah sampai kedua PD terasa kosong dang tidak keluar ASInya lagi.
  6. Jika PD kiri yang diperah dengan tangan sudah tidak keluar lagi ASInya, maka breastpump gw pindahin ke PD kiri itu untuk membantu mengosongkan PD. Tahan dengan paha supaya tidak bergeser.
  7. Lalu PD kanan diperah dengan tangan sampai kosong.
  8. Setelah selesai simpan ASIP yang di breastpump ke botol kaca.
  9. Lalu dikasih label. Masukkan kulkas.

Dengan teknik seperti ini ternyata berhasil menambah stok ASIP gw menjadi 125-200 ml persesi. Dulu waktu cuma pake breastpump saja di salah satu PD, saat LDR, PD yang lain akan menganggur (tidak ditampung ASI nya). Nah beralih ke PD berikutnya ternyata momen LDRnya sudah lewat, jadi ASI yang keluarpun tidak maksimal. Kadang-kadang gw juga lanjutin dengan memerah PD dengan tangan untuk mengosongkan PD.

Di sesi kedua pumping, medela swing gw pasang di PD kanan, lalu PD kiri diperah dengan tangan. Tekniknya juga sama seperti sesi pertama. Alhasil teknik ini bisa menambah stok ASIP yang bisa gw bawa pulang. Sudah dua minggu ini gw pake teknik memerah ASI dengan menggunakan breastpump dan tangan sekaligus. Memang masih tetep kejar tayang sih, tapi engga ngos-ngosan.

Oia sampai rumah pun gw masih pumping sambil menyusui Binar (panggilan baru Ayra).

Author:

Mother of two children.

Your Comment

