Posted in Banyu, Family

Perkembangan Bicara Aray

Bulan ini Aray sudah berumur 19 bulan. Perkembangan bicaranya sedikit lambat dibandingkan yang lainnya. Waktu dulu gw dan suami sempet bertanya-tanya kok sampe umur 1 tahun belum ada ocehan-ocehan yang keluar dari ‘mulut’ Aray. Dipostingan ini gw sampe mau terapi bicara Aray.

Memang dari bayi gw suka pasangin video Baby Can Read yang didalamnya berisi berbagai macam kosa kata yang dilengkapi dengan cara baca dan gambar-gambar yang menarik. Trus gw juga beli karton yang ada gambar dan tulisan dengan 3 bahasa. Ngga jarang mbaknya Aray juga ngajarin pake karton itu. Trus Nini (ibu gw) juga ngebeliin karton huruf Hijaiyah, Alfabet dll.Aray udah ngerti mana ‘cow’, ‘dog’, ‘truck’ dll trus udah bisa pasang vcd sendiri, tapi kosa kata yang keluar masih terbatas. sampai saat ini kata yang paling jelas yaitu ‘ayah’. Tapi Alhamdulillah setiap hari ada vocabulary baru yang dia bisa. Beberapa kata yang sudah bisa diantaranya ‘ini’, ‘abah’, ‘apa’, ‘mba’, ‘ini dia’, ‘baa’. Kata ‘bunda’, ‘susu’, ‘mau’ belum bisa.

Untuk meningkatkan kelancaran dan menambah kosa kata yang lain, klo ngomong gw suka di depan muka Aray misalnya ‘su-su’ mulut gw monyong-monyong di depan matanya supaya Aray bisa liat bagaimana bentuk mulut dan suaranya. Sejak saat itu Aray juga suka ikutan monyong-monyong atau mangap-mangap ngikutin gw. Akhirnya salah satu caranya ya begitu.

Mudah-mudahan tahun depan Aray udah bisa lancar ngomong supaya bisa berinteraksi dengan adiknya.

Author:

Mother of two children.

Your Comment

