Posted in Business, House of Pashminas, Ngeblog

Entrepreneur Mama by TUM

Beberapa hari setelah House of Pashminas di launching, The Urban Mama memposting undangan acara “Entrepreneur Mama” di @america Pacific Place hari minggu tanggal 17 April. Waah kebetulan banget nih, baru me-launch House of Pashminas eeh udah ada acara ini. Langsung deh daftar untuk ikutan, rencananya pengen ngajak Ayahnya Aray tapi engga mau. Akhirnya pergi sama mbanya Aray.

Acara Entrepreneur Mama ini adalah Sharing Session tiga orang perempuan yang telah berhasil menjalankan bisnisnya. Ketiga orang itu adalah Aulia Halimatussadiah (Ollie) penggagas kutukutubuku.com, Nuniek Tirtasari yang punya HamilCantik.com dan Dini Sembiring dari thebabyspa.

Sharing pertama dari Ollie, dia menjelaskan awal mula terbentuknya kutukutubuku.com. Hal pertama yang dia kasih yaitu Build trust with testimonials, walaupun bisnisnya baru, diusahakan untuk mengumpulkan testi dari pihak yang sudah pernah belanja di toko kita untuk ikut membantu memasarkannya. Trus bagaimana memulainya? Ada 6 poin yaitu:

  1. Passion, keinginan terbesar kita. Apakah itu menulis, membaca, merancang atau yang lainnya.
  2. Bussines Partner, rekan kerja yang tepat, mampu memenuhi keinginan dan kemauan kita bersama.
  3. Plan, tidak perlu rencana yang terlalu rumit, tetapi bisa mencerminkan jangka pendek, menengah dan panjang.
  4. Target & Schedule, sasaran utama konsumen dan jadwal yang terkait dengan kelancaran bisnis perlu di jabarkan.
  5. Networking, menjalin kerjasama yang baik dengan media dan konsumen, untuk mempromosikan bisnis.
  6. Build Personal Branding, bikin hal yang khas terhadap diri kita yang berhubungan dengan bisnis yang dijalankan, sehingga jika orang lain membicarakan bisnis tertentu maka akan langsung teringat diri kita.

Yang sangat penting adalah ACT.Now, jangan ditunda-tunda.

Setelah Ollie menjelaskan 5 poin penting diatas, giliran Nuniek Tirtasari yang bercerita awal mulanya punya bisnis online hamilcantik.com. Hamilcantik.com bermula sewaktu Nuniek sedang hamil 8 bulan anak keduanya. Walaupun masih bekerja di perusahaan oil and gas, Nuniek tetep menjalankan hamilcantik.com sampai sekarang.

Terakhir penjelasan Dini Sembiring tentang thebabyspa. Sebelum mebangun thebabyspa, Dini dan rekannya melakukan beberapa penelitian tentang spa untuk bayi. Beberapa spa di luar negeri bisa berjalan dengan baik, akhirnya dengan kondisi seperti the baby spa didirikan. Selama 3 bulan pertama, Dini dan rekannya selalu stand by di the baby spa untuk menyapa dan berbincang langsung dengan pelanggan. Tidak lupa memberikan penjelasan apa kegunaan spa untuk bayi. Mulanya spa ini ditujukan untuk newborn – 12 bulan, tetapi diperluas hingga umur 15 tahun, sehingga pelanggannya tetap dan semakin banyak. Sekarang thebabyspa masih terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan anak-anak, ibu dan bapak dalam satu tempat.

foto rame-rame taken by Chandra Marsono

Jadi memulai bisnis itu sangat mudah dan ternyata ibu-ibu adalah entrepreneur sejati. HHmmm mulai sekarang gw harus konsisten menjalankan House of Pashminas.

Oia ada video Woman, Thy Name is Entrepreneur! by William Shakespeare, an inspiring video by i4campaign –> http://www.youtube.com/watch?v=U7nXsOfLB0c

Advertisements

Author:

Mother of two children.

Your Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s