Posted in Works and Career

CPNS dan PNS

Gw sekarang bekerja di pemerintahan. Sebetulnya dari awal gw engga mau sama sekali kerja di pemerintahan (baca jadi PNS). Kenapa jadi PNS, itupun kemauan dari Bude gw yang pengen salah satu dari keluarganya jadi PNS. Dia nyuruh gw untuk jadi Camat, hah..! Camat? Kuliah di jurusan teknik, ujung-ujungnya jadi Camat, males banget deh. Tapi dengan berjalannya waktu keinginan Bude supaya gw jadi PNS sedikit-sedikit mulai terealisasi. Sewaktu ada lowongan jadi CPNS di salah satu kantor pemerintahan, gw mengirimkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Mulai dari SKCK, surat keterangan bebas narkoba, sampai kartu kuning yang wajib dimiliki oleh calon pegawai untuk bekerja di pemerintahan. Sedikit pontang panting juga memenuhi syarat-syarat itu. Tapi akhirnya semua bisa dipenuhi dan dikirim tepat waktu. Setelah itu ya sudah, gw agak lupa juga klo pernah ngirim lamaran ke kantor itu. Beberapa bulan kemudian ada pengumuman nama-nama yang lolos untuk mengikuti tes CPNS (pada saat itu gw udah kerja di salah satu bank asing di jakarta dengan gaji yang lumayan tapi jam kerja yang sangat tidak manusiawi…) Ternyata nama gw ada di datar tersebut dan harus ngambil nomor ujian. Beberapa hari kemudian gw ikutan tes di calon kantor gw….Ya semua proses gw jalanin dengan biasa-biasa aja, ngga ada namanya belajar sebelum ujian, latihan soal-soal atau apapun, yang penting tidur cukup supaya pikirannya jernih…

Setelah tes gw nunggu hasilnya, gw lolos atau engga. Dari siang gw mulai liat situsnya,hhmmm belum keluar juga hasilnya…Pas sampe rumah, kira-kira jam 10.30 hasilnya keluar beserta nama-nama yang lolos untuk jadi CPNS….tak disangka ternyata nama gw ada….Ayu Lydi Ferabianie, ST – Teknik Industri (hah gw akan jadi CPNS….!) keinginan Bude gw akhirnya kesampaian. Dan setelah setahun jadi CPNS, diangkatlah gw jadi PNS sampe sekarang.

Tapi ada hal yang masih mengusik gw, pada saat gw ditanya kerja dimana dan gw jawab jadi PNS, orang yang bertanya selalu bilang “bayar berapa duit mba?” Hah bayar? Jujur aja dari awal sampe sekarang ini gw ngga pernah ngeluarin duit untuk jadi PNS….Memang udah melekat banget KKN dan sogok menyogok untuk jadi PNS. Banyak orang yang rela ngeluarin duit berpuluh-puluh juta untuk jadi PNS….Haduh mau kerja dapet uang malah ngeluarin uang

Advertisements

Author:

Mother of two children.

2 thoughts on “CPNS dan PNS

  1. hihihi kesian deh lu Neng…. orang jujur udah gak ada kale ya sekarangtrus nanti sampe kapanpun org akan tanya gitu deh…Udah cuek aja,,, Allah maha tau kan…. yg penting kerja yang bener… jangan kayak PNS lainnya yg tadinya pada bayar jadi aja ngejar setoran bayar utang kale…

Your Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s